✓ 5 Cara Belajar Memainkan Pianika Untuk Pemula Sampai Jago

3 min read

Belajar Pianika

Pianika adalah salah satu alat musik populer di Indonesia. Terutama di kalangan anak-anak atau pelajar sekolah, karena sering sekali dimainkan.

Bermain pianika juga relatif mudah, karena kita tinggal mengetuk melodi-melodinya saja, tanpa memikirkan tentang kunci dan sebagainya.

Tapi..

Buat yang masih baru pegang pianika, pastinya masih nggak paham sama sekali kan, bagaimana cara memainkan pianika dengan benar?

Nah, untuk itu disini saya mau berbagi tips belajar pianika dengan mudah. Walau saya sebenarnya pemain Piano, tapi saya juga pernah beberapa kali main Pianika.

Soalnya keduanya emang nggak beda jauh sih hehe.

Oh ya, karena kebanyakan orang yang main Pianika nggak paham dengan teori-teori musik (Secara teknis), maka disini saya pakai bahasa awam saja.

Tujuannya supaya lebih mudah dimengerti.

1. Pahami dulu tuts-tutsnya

Kalau pertama kali main, kamu pasti bingung kan, atau belum paham jumlah tuts-tuts di Pianika, serta nada apa saja disana.
Nah, di Pianika, tuts tersebut ada 32. Dibagi antara tuts hitam dan putih, dimana keduanya punya bunyi nada yang beda. Hmm, gak paham? Ini aja dulu gambarannya :
Pianika
Dan kamu dari kecil sudah tahu ya, kalau nada itu ada Do Re Mi Fa So La Si Do. Nah, kalau di Pianika, kita biasanya pakai Angka.
Angkanya ada 1 2 3 4 5 6 7 8.
Jadinya begini :
Not Angka Pianika
Angka-angka tersebut namanya Not Angka. Coba lihat yang warna hitam, itu not awalnya.
Terus yang ditandain warna hijau sama merah itu apa ya min?
Nah, itu sama saja. Bedanya, ada di suara. Dimana yang warna hijau bunyinya berat, dan yang warna merah bunyinya tinggi.
Nah, disini kamu hapalin saja dulu angka-angkanya. Dari yang warna putih. 
Kalau sudah, untuk yang warna hitam angkanya :
cara main pianika
Yang ini bedanya sama, yakni ada pada suaranya. Kalau suara dari tuts hitam ini terdengar ‘agak sedih’ dibanding sama yang putih. Coba saja sendiri.
Terus kalau udah paham, apa yang harus dilakukan?
Nah, selanjutnya lanjut pelajari Not Angka :

2. Belajar Not Angka Yang Mudah Terlebih Dahulu

95% orang yang baru bermain Pianika di Indonesia, memulainya dengan melihat not Angka. 
Not Angka adalah Angka-Angka yang dituliskan untuk menerjemahkan nada. Misalnya – “Ibu kita kartini”. Itu kalau di Not Angka berarti : 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 3 -1.
Dengan Not Angka, kamu bisa memainkan melodi lagu apapun yang kamu mau dengan mudah, Dengan catatan, kamu harus paham dan hapal dulu tuts-tuts yang ada di Pianika tadi.
Not Angka rekomendasi mimin untuk pemula ada banyak. Tapi kalau benar-benar awal, silakan coba dulu Ibu Kita Kartini :

cara mudah main pianika

Gambar : fuansashare.blogspot.com  

Alasan saya merekomendasikan lagu ini, adalah karena pada lagu tersebut nggak ada not hitam sama sekali. Jadi kamu nggak perlu repot atau pusing-pusing membedakan antara not putih dan hitam.

Untuk mainnya, mulai dari angka 1 yang di posisi tengah ya. Di gambar not angka diatas nggak ada perbedaan antara suara rendah, sedang, tinggi. Jadi kamu kira-kira dulu aja, mana yang tinggi mana yang nggak.

Caranya?

Hmm.. Simpel sih. Dengerin aja dulu lagunya. Kemudian baru mainin Pianikanya. Pelan-pelan lho.

Kalau sudah bisa main lagu itu, kamu bisa coba jenis-jenis lagu lainnya. Misalnya seperti pembahasan saya sebelumnya tentang Lagu Pianika Khusus Untuk Pemula.

3. Belajar Posisikan Jari

Saya tebak.. Kamu yang baru main Pianika, pasti memakai satu atau dua jari kan?
Yah ini nggak salah. Tapi kalau lagunya ada gerakan cepat, jari kamu bakal kerepotan nantinya. Apalagi kalau ada loncatan dari nada rendah ketinggi. Bisa-bisa gampang kepeleset.
Untuk itu, disini disarankan agar kamu belajar memposisikan jari. Yakni dengan cara memainkan Pianika secara penuh menggunakan 5 jari.
Posisikan tangan seperti ini :
cara belajar pianika mudah
Nah, setelah itu coba mainkan lagu yang kamu sudah bisa dengan posisi jari tersebut.
Awal-awal mungkin sering susah. Tapi kalau sudah biasa, dijamin kamu malah bakal lebih malas pakai satu atau dua jari ketimbang pakai 5 jari.

4. Latihan Nafas Yang Benar

Kalau di Piano atau Keyboard Digital, kita hanya perlu menekan tutsnya, maka suaranya otomatis akan keluar.
Tapi seperti yang kamu tahu, Pianika itu beda. Dimana kita harus meniupnya terlebih dahulu, baru mengetuk tutsnya agar suaranya bisa keluar.
Untuk yang ini kamu harus mengatur pernafasan sesuai dengan lagu yang dimainkan. Misalnya, jika ada jeda, coba ambil nafas. Kemudian tiup kembali jika sudah berjalan (Lagunya).
Oh ya, orang biasanya napas dengan dada. Nah, disini supaya nafas lebih panjang, coba gunakan teknik diagfragma NAPAS PERUT. Nanti kamu bisa meniup Pianikanya lebih lama.
Caranya, pegang perut kamu, tarik napas, pastikan perutnya yang menggembung, bukan dadanya. Rileks aja.
Atau lengkapnya Google aja deh.

5. Terus dan terus belajar

Sama seperti belajar main Piano. Belajar Pianika itu nggak gampang. Sehingga kamu butuh beberapa waktu, entah berminggu-minggu atau berbulan-bulan sampai bisa lancar memainkan lagu apapun yang kamu mau.
Jadi disini kamu harus terus menjaga konsistensi belajar. Misalnya sehari target 1 lagu hapal, atau 3 hari 1 lagu tangan bisa lancar dan nggak salah sama sekali.
Nanti lama-lama tangan kamu akan inget sendiri cara mainnya.
Oh ya, bahkan kalau udah jago, kamu nggak perlu lagi ngeliat not angka. Cukup dengar lagunya, maka kamu bisa langsung memainkannya di Pianika.

Akhir kata…

Yah, sepertinya itu saja yang bisa kita bahas di artikel cara belajar memainkan pianika ini. Mungkin tips – tips lainnya masih ada, tapi pada dasarnya 5 tips tersebut sudah cukup sih. Karena menurut saya sudah mewakili.
Oh iya, untuk posisi bermain pianika sendiri saya nggak bahas. Karena nggak ada aturan juga. Kamu bebas mau main sambil duduk atau berdiri, yang penting nyaman.
Well, rata-rata emang duduk sih. Tapi kalau kamu ada situasi yang mengharuskan main sambil berdiri, misalnya kompetisi, ya belajar juga main sambil berdiri hehe.
Sekian.
Avatar

Ikan Pemakan Lumut | Membersihkan Kolam Tanpa Repot

Apapun ikannya, membersihkan kolam memang harus dilakukan beberapa waktu sekali, agar ikan yang kita pelihara bisa hidup dan berkembang biak dengan baik. Kotoran seperti...
Avatar Marfudinz
3 min read

(+Gambar) Ini Dia 30+ Ikan Yang Cocok Untuk Aquascape…

Ikan Aquascape – Definisi Aquascape adalah sebuah hobi menanam dan memelihara tanaman didalam Aquarium. Atau lebih mudah kalau kita sebut “Membuat taman dalam air”. Berbeda...
Avatar Marfudinz
9 min read

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Singkat 2 Orang

Beda dengan dulu, di jaman sekarang ini sudah banyak orang yang mahir berbahasa inggris. Apalagi bahasa inggris juga saat ini banyak dijadikan persyaratan, untuk...
Avatar Marfudinz
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *