Ikan Pemakan Lumut | Membersihkan Kolam Tanpa Repot

Membersihkan Kolam


Apapun ikannya, membersihkan kolam memang harus dilakukan beberapa waktu sekali, agar ikan yang kita pelihara bisa hidup dan berkembang biak dengan baik.

Kotoran seperti sampah bisa saja ada dikolam tanpa sengaja. Yang membuat habitat ikan jadi terganggu, dan kondisi terburuk bisa membuat ikan mati.

Tapi bukan saja soal kotoran seperti sampah, tumbuhan seperti lumut juga sama.

Walau sebenarnya bagus untuk ikan, tapi untuk kolam yang ditujukan untuk hiasan, lumut ini malah justru akan mengganggu pemandangan karena bikin jelek.

Nah, dan bicara soal lumut, kita sebenarnya bisa menguranginya dengan cara memasukan ikan jenis-jenis tertentu.

Apa saja? Yuk, berikut pembahasannya :


1. Ikan Mas


Ikan Mas
www.first-nature.com


Ikan mas adalah salah satu ikan yang sudah tersebar luas di Indonesia. Mulai dipelihara sejak tahun 1920an, ikan ini berasal dari peraian Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

Selain enak kalau dimasak, ikan mas, punya kebiasaan memakan lumut, dan bisa dibilang cukup aktif. Tentu saja efeknya akan membuat kolam Anda jadi lebih bersih.

Untuk jumlah ikan mas yang perlu Anda pelihara, silakan sesuaikan dengan besar kolamnya. Semakin besar, tentu semakin banyak juga ikan yang dibutuhkan.


2. Ikan Koi


Koi
fullserviceaquatics.com

Jika Anda membuat kolam sebagai dekorasi untuk mempercantik rumah, pertimbangkan juga untuk memelihara ikan Koi. Ikan ini juga termasuk aktif dalam memakan ganggang hijau serta lumut yang ada di dinding kolam.

Beda dengan ikan Mas, memasukan ikan Koi tidak akan membuat tampilan kolam Anda jelek. Warna yang bervariasi serta coraknya yang indah, akan membuat kolam semakin terlihat ramai.

Untuk menghilangkan lumut dengan lebih efektif, bagusnya pelihara ikan Koi dalam beberapa ukuran.


3. Ikan Sapu-Sapu


Ikan sapu-sapu
www.fishkeepingworld.com


Ikan ini kebanyakan warnanya berwarna hitam, dan cenderung menempel pada dasar atau dinding kolam. Sehingga tidak akan begitu terlihat.

Tapi kalau berbicara soal lumut, maka ikan sapu-sapu bisa sedikit membantu membersihkannya. Ikan ini memang terkenal doyan sekali memakan lumut.

Lebih besar kolam Anda, lebih banyak juga ikan sapu-sapu yang dibutuhkan. Tapi setidaknya pelihara minimal 5 ikan sapu-sapu dengan ukuran sedang.


4. Ikan Siamese Algae Eater (SAE)


SAE
www.fishkeepingworld.com


Kalau ikan sapu-sapu aktif memakan lumut kolam pada dasar atau dinding kolam. Namun beda dengan SAE, ikan ini aktif memakan lumut yang ada dimanapun, termasuk pada daun tanaman air.

Ikan ini berukuran kecil, dan biasanya digunakan sebagai ikan hiasan Aquascape. Tapi bisa juga Anda masukan ke kolam Anda (Terutama kolam hias).

Memasukan SAE, hanya efektif dilakukan pada kolam kecil. Karena kapasitas ikan ini untuk memakan lumut tidak begitu besar.


5. Bekicot Kolam


Bekicot Kolam
pondinformer.com


Lymnaea stagnalis atau lebih dikenal sebagai siput tambak besar, adalah bekicot air tawar yang bernafas di udara.

Sebenarnya fauna ini bukanlah termasuk ikan, namun kalau berbicara soal untuk membersihkan lumut dikolam, maka saya pikir sangat tidak boleh dilewatkan.

Anda bisa menaruh bekicot ini dan membiarkannya. Tanpa disadari, lumut-lumut yang menempel akan dimakan sampai habis.


6. Chinese Algae Eater


CAE
meethepet.com


Ikan ini termasuk kedalam ikan yang biasa dipelihara di Aquarium / Aquascape. Namun ikan ini cocok pada pembahasan ini, karena sifatnya yang suka memakan lumut.

Lumut yang dimaksud sama seperti SAE tadi. Di batu, tanaman, dinding kolam, dan tanaman air. Dan Chinese Algae Eater ini juga bisa tumbuh sampai ukuran 11 inch, sehingga cocok pada kolam ukuran sedang.

Tapi perlu diketahui, ikan ini terkadang agresif juga terhadap jenis ikan lainnya. Sehingga perlu dicek kembali, apakah cocok untuk kolam yang Anda punya sekarang, atau tidak?



Tips Supaya Kolam Selalu Bersih Dari Lumut


1. Pelihara Ikan Pemakan Lumut


Ikan pemakan lumut persis seperti yang kita bahas tadi. Akan sedikit membantu menghilangkan lumut-lumut baik yang disadari maupun yang tidak.

Sesuaikan jumlah dan ukurannya dengan kolam yang dimiliki. Kenali juga karakteristik ikan yang dipelihara, agar tidak mengganggu fauna lain.


2. Mengurangi Populasi Ikan


Memang semakin banyak ikan, akan membuat semakin bagus pula kolam dilihat. Namun perlu diingat, semakin banyak fauna juga akan membuat kotoran yang menumpuk semakin banyak.

Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan lumut yang tidak terkendali. Karena itu, mengurangi jumlah populasi ikan bisa dibilang adalah cara yang paling efektif.


3. Mengurangi Cahaya Matahari


Lumut membutuhkan cahaya matahari untuk berkembang biak. Karena itu tidak heran, kalau kolam diluar ruangan lebih banyak lumutnya ketimbang yang ada didalam ruangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, mengurangi cahaya matahari adalah tindakan yang paling mudah dilakukan. Tujuannya untuk menekan perkembangannya. Anda tinggal menaruh ikan pemakan lumut sebagai pembantu.


4. Memakai Bakteri Pengurai


Jenis bakteri tertentu bisa membantu menguraikan lumut yang ada dipermukaan air. Anda bisa mencobanya, misalnya memakai nitrobacter.

Untuk belinya sendiri bisa coba cek di toko ikan terdekat. Atau bisa juga beli lewat Marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak.


5. Beri Kapur Dolomit


Kapur jenis ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat keasaman pada air, dan membuat lumut terganggu (Karena sifat air yang menjadi basa).

Dengan catatan, perhatikan dosis pemberian kapur, supaya ikan pada kolam tidak mengalami keracunan.


6. Beri Tumbuhan Air


Lumut, selain hidup dengan memakai cahaya matahari, juga dengan memakai nutrisi yang terkandung didalam air.

Nah, dengan memberikan tumbuhan air, nutrisi yang ada akan diperebutkan, sehingga pertumbuhan lumut bisa ditekan.


7. Memasang Filter Pada Kolam


Jika ingin cara yang paling efektif, maka memasang filter adalah hal yang paling direkomendasikan.

Lewat filter, air akan disaring, kotoran-kotoran akan hilang, populasi lumut juga akan jauh lebih berkurang.


Penutup...


Demikian pembahasan kali ini tentang rekomendasi ikan pemakan lumut + beberapa cara untuk membersihkan kolam dari lumut.

Masih ada lagi informasi lain yang belum ditulis, namun diharapkan artikel ini sudah sesuai dengan apa yang Anda cari.

Kalau ada yang ingin ditambah, silakan kirimkan melalui kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentar yang baik dan sesuai topik