10+ Pengertian Dan Tugas Quality Control Perusahaan (Lengkap)

Contoh Quality Control


Quality Control atau pengendali kualitas, adalah sebuah pekerjaan yang terlibat dalam pengembangan suatu produk atau sistem. Fungsinya untuk memastikan agar hasilnya sesuai dengan standar perusahaan, pelanggan atau pemerintah.

Jadi bisa dibilang pemegang jabatan ini adalah orang yang harus benar-benar terintegritas. Karena tugas yang dijalankan sangat penting dan vital, bagi produk maupun perusahaan itu sendiri nantinya.

Penjelasan diatas hanyalah gambaran. Jika Anda masih bingung apa tugas quality control, pengertian dan tanggung jawabnya secara lebih detail, silakan baca pembahasannya dibawah ini :


Contoh Dan Pengertian Quality Control


Quality Control (Biasa juga disingkat QC), adalah hal yang sangat diperlukan di industri manapun. Mereka memiliki tugas untuk memeriksa serta menguji secara visual segala jenis produk, untuk memastikan semuanya siap dipasarkan.

Tergantung dari kebijakan industri, pengecekan mutu ini dilakukan di waktu yang berbeda-beda. Ada yang ketika dalam proses produksi, adapula yang tidak.

Dan untuk cara pengecekannya, ada yang dilakukan secara manual, dan ada juga yang menggunakan bantuan teknologi.


Tugas Quality Control Dan Tanggung Jawabnya


Daftar Tugas Quality Control


  • Memikul tanggung jawab, untuk memastikan segala produk yang akan siap dipasarkan memiliki standar sesuai apa yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Membuat analisa yang dicatat pada sebuah perangkat, untuk medokumentasikan produk sebelumnya, yang digunakan sebagai referensi di masa yang akan datang.
  • Secara garis besar, tugas utama dari pemegang jabatan QC tetap sama di tiap industri. Hanya saja metode penentuan kualitasnya yang berbeda-beda tergantung produk dan kebijakan perusahaan.
  • Memantau perkembangan proses produksi dari semua produk perusahaan.
  • Untuk sebagian perusahaan, memiliki kebijakan agar QC memverifikasi kualitas produk berjenis material, lewat bantuan parameter seperti sifat fisik, tekstur, berat dan lain-lain.
  • Untuk sebagian besar perusahaan mekanik, QC harus bisa menjamin setiap komponennya baik secara individual. Dan tentu saja metodenya berbeda-beda.
  • Memastikan keselarasan dalam bekerja, ketika sedang menjalankan suatu proyek.
  • Melakukan monitoring proses perkembangan atau segala hal yang terlibat dalam produksi.
  • Harus memastikan segala jenis produk sesuai dengan standar perusahaan, misalnya mutu ISO seperti 9001, ISO 9002 dan lain sebagainya.
  • Bertanggung jawab atau membuat rekomendasi untuk mengolah produk-produk gagal berkualitas rendah.
  • Menjaga daftar wajib dalam proses inspeksi serta protokol yang telah ditetapkan dalam suatu perusahaan.
  • Memiliki tanggung jawab untuk menganalisa serta mengetahui masalah yang muncul pada suatu produk, kemudian memberikan rekomendasi tertentu kepada otoritas yang lebih tinggi.
  • Memeriksa agar barang selalu dalam kondisi baik dan berkualitas.


Keahlian atau skill dari pemegang jawaban Quality Control


Seorang QC, saat ini sangat dibutuhkan dalam industri apapun. Baik dalam industri medis, pertanian, mekanik, makanan, infrastruktur, dan lain sebagainya. Dan standar untuk menjadi QC juga bisa dibilang sangat tinggi.

Karena QC diharuskan menguasai segala jenis keterampilan yang berhubungan dengan segala proses produksi, mampu menggunakan alat-alat berteknologi tinggi, memiliki skill dokumentasi produk serta memiliki kecakapan yang baik.


Syarat menjadi QC


Karena standarnya yang berbeda-beda di tiap industri atau perusahaan, syarat menjadi QC juga biasanya berbeda-beda. Yang pasti, biasanya seorang QC harus memiliki pendidikan yang tinggi, sesuai dengan bidang produk yang akan dipasarkan.

Selain itu, seorang QC juga biasanya harus mampu menggunakan Komputer dengan baik, serta mampu berbahasa Inggris dengan fasih.

Begitu pula dengan pengalaman, seorang QC harus memiliki pengalaman di lapangan, minimal setidaknya 2 tahun (Atau 3 tahun). Ini untuk memastikan agar nanti sudah terbiasa dan bisa bekerja secara maksimal.

Tapi ini tidak mengikat, karena ada juga perusahaan yang menerima QC fresh graduate.



Berapa gaji QC?


Gaji QC berbeda-beda tergantung industri serta perusahaan. Bukan itu saja, pengalaman kerja juga berpengaruh. Semakin lama seorang QC bekerja, biasanya akan semakin besar gajinya.

Dari data yang saya kumpulkan, untuk seorang Staff QC biasanya memiliki gaji antara 3 sampai 4 juta. Untuk supervisor 5 sampai 7 juta. Dan untuk manager 8 sampai 10 juta.

Untuk industri tertentu, seorang manager bisa memperoleh gaji lebih dari 12 juta. Tapi seperti yang dijelaskan sebelumnya, ini tergantung bidang industri berjalan.


Akhir kata


Demikian sedikit informasi tentang tugas Quality Control dan pengertiannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin merekomendasikan diri, atau ingin melamar pekerjaan dalam bidang QC.

Informasi ini dibuat selengkap dan setepat mungkin. Walau begitu kalau ada kesalahan data atau informasi, silakan dikoreksi melalui kolom komentar dibawah.

Sekali lagi, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentar yang baik dan sesuai topik