Ini Dia Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon IP2770 Tidak Terdeteksi!

Cartridge tidak terdeteksi


Canon IP 2770 adalah salah satu printer berkualitas saat ini dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Alasannya satu, karena kualitas printernya yang bisa dibilang cukup awet, dan hasil printnya pun juga bagus.

Kenapa saya bilang hal demikian? Karena saya sendiri adalah salah satu pengguna dari Printer ini. Pemakaian hingga beberapa tahun, hingga saat ini masih awet dan belum ada masalah berarti.

Tapi.. Yang namanya barang elektronik (Termasuk printer), tentu saja bisa rusak kapanpun kan. Termasuk printer Canon ini.

Salah satu kerusakan yang paling sering muncul adalah pada bagian Cartridge. Dan untuk pembahasan kali ini, saya ingin membahas bagaimana cara memperbaiki Cartridge Printer Canon IP2770 yang tidak terdeteksi.


Penyebab Cartridge Canon IP2770 Yang Tidak Terdeksi


Untuk penyebabnya sih sebenarnya nggak jauh beda dengan masalah-masalah berhubungan dengan Cartridge pada printer lain. Misalnya :


Akibat bongkar : Misalnya, ketika Anda membuka Cartridge dari dudukannya. Entah itu untuk diperbaiki, diganti tinta, atau mungkin diganti dengan yang baru.. Dan ketika dipasang kembali, ternyata pemasangannya belum benar atau justru rusak.

Chip kotor : Bisa karena debu atau nggak sengaja terpegang. Kebanyakan kejadiannya waktu sedang ganti tinta.

Umur Cartridge yang sudah terlalu lama : Ketika printer digunakan untuk mengeprint (Istilah lainnya Print Out), itu lama-lama masa pakainya akan berkurang. Ini akan menyebabkan beberapa masalah pada hasil print, misalnya error pada salah satu warna, atau pada tinta hitam. Selain itu, ini juga bisa menyebabkan Cartridge jadi tidak terdeteksi.


Terus gimana cara memperbaikinya?

Sebenernya tergantung dari penyebabnya ya. Kalau masalahnya memang dari kerusakan Cartridge, ini kadang minta diganti. Tapi benarkah harus diganti?

Jawabannya nggak juga. Karena Anda bisa mencoba cara berikut ini, yang pernah saya lakukan di rumah ketika muncul pesan Cartridge tidak terbaca di Laptop saya.


Cara Mengatasi Cartridge Yang Tidak Terdeteksi


Untuk pembahasannya kita bagi dua. Yang satu pesan tidak detek cartridge, dan satu lagi hanya khusus warna saja. Pertama kita bahas dulu yang pertama :


Memperbaiki Cartridge :


1. Buat terlebih dahulu printer dalam keadaan service mode.

2. Kemudian silakan matikan printer, tapi kabel powernya jangan dilepas.

3. Nyalakan kembali printernya. Tekan dan tahan tombol power, hingga lampu led hijau menyala (Tombol power jangan dilepas).

4. Lalu tekan dan tahan tombol resume.

5. Setelah itu, lepas tombol resume, dan tombol power tetap tahan.

6. Lanjut tekan tombol resume 5 kali, lalu lepas secara bersamaan (Tombol power + resume).

7. Disini nanti akan muncul notifikasi "Installing driver software". Saat pesan tersebut muncul, langsung matikan printernya. 

8. Selanjutnya nyalakan kembali printernya. Kemudian tunggu sampai terdeteksi.

9. Jika sudah, maka printer siap dipakai.


Nah, cara diatas khusus untuk catridge saja. Tapi kalau masalah pesan tidak terbacanya ada pada warna (Hitam atau yang lain), coba lakukan :



  • Cek lampu led printer. Kalau menyala orange berkedip terus menerus, tekan dan tahan tombol resume kurang lebih 5 sampai 10 detik. Jika sudah, lepas kemudian cek kembali printernya.

Dengan cara tersebut, maka printer akan merefresh kembali.

Ingat, cara diatas harus dilakukan sesuai langkah agar berpengaruh. Karena jika ada yang salah satu saja, maka kemungkinan tidak mengefek apa-apa.

Tapi gimana kalau sudah teliti tapi masih belum berhasil?

Well, mungkin cartridgenya sudah rusak. Saran saya, coba lepas Cartridge dari dudukannya kemudian pasang kembali (Barangkali sebelumnya belum benar). Atau coba ganti Cartridgenya dengan yang baru.


Akhir Kata...


Canon IP 2770, adalah salah satu printer yang paling banyak dipakai oleh berbagai kalangan. Entah itu untuk rumahan, pertokoan, mahasiswa, dosen, pelajar, sekolahan dan lain sebagainya. 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang menemui masalah Cartridge tidak terdeteksi di printer ini. Sehingga proses print jadi tidak bisa dilakukan sama sekali.

Nah, semoga dengan cara diatas masalah tersebut bisa teratasi. Karena bukan web ini saja, ada banyak beberapa situs yang menyarankan hal serupa dengan yang saya tulis diatas.

Kalau ada yang mau ditanyakan silakan kirim saja komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentar yang baik dan sesuai topik