Cara Mengatur Suhu Kulkas Yang Ideal (Sanyo, Sharp, LG, Polytron Dll)

Setting suhu kulkas


Kulkas adalah peralatan rumah tangga yang sebagian besar keluarga sudah punya. Tanpa kulkas, rasanya menyimpan makanan akan jadi lebih repot, terutama untuk jenis makanan yang cepat basi.

Harga kulkas sendiri memang sekarang sudah lebih relatif terjangkau ketimbang sebelumnya. Modelnya pun setiap bulan atau tahun selalu muncul yang baru.

Nah, disini kadang muncul pertanyaan, terutama di kalangan ibu-ibu. Bagaimana sih caranya mengatur suhu kulkas yang benar?

Well, disini saya ingin membahas hal tersebut. Dan sesuai judul, tulisan ini sebenarnya ditujukan untuk semua merk (Sanyo, LG, Polytron, Sharp, dan lain-lain). Namun karena tidak semua kulkas cara pengaturannya sama, jadi disini lebih universal alias hanya sebagai panduan umum saja.

Berikut pembahasannya :


Cara Mengatur Suhu Kulkas Yang Benar


Pertama, setelah Anda membeli kulkas, ada baiknya Anda baca dulu buku panduan yang biasanya sudah satu paket dengan kulkas tersebut. Disana terdapat informasi-informasi yang Anda butuhkan.

Hal ini sangat saya sarankan, dan wajib dilakukan. Apalagi jika kulkas Anda model keluaran terbaru, yang punya bentuk berbeda dari umumnya.

Nah, tapi jika buku panduannya sudah hilang, atau Anda sudah lama beli, langsung saja. Buka kulkasnya, kemudian cari pengatur suhu. Kebanyakan letaknya ada di bagian kiri, belakang, atau didekat freezer, dan biasanya bentuknya seperti tombol yang diputar, seperti ini :


Suhu kulkas yang bagus
www.moneygrowsontrees.com.au

Contoh diatas, bisa kita lihat terdapat dua pengaturan (Kulkas dan freezer). Nah kadang ada yang letaknya sama, dan ada juga yang letaknya berbeda.

Untuk mengaturnya biasanya ada gambar panduan, dan pengaturan suhu. Nah tinggal ikuti saja dengan digeser / diputar.

Tapi selain bentuk pengaturan diatas, ada juga yang sudah digital, dimana Anda bisa mengatur suhunya secara manual dan spesifik.


Bagaimana cara mengatur suhu paling ideal?


Sebagian besar orang atau ibu rumah tangga, selalu membiarkan kulkas tersetting ke suhu tertentu. Walau begitu, ada juga yang membuat kulkasnya menjadi lebih dingin seperti biasanya. Tapi baguskah demikian?

Jawabannya tergantung. Bisa iya bisa juga tidak. Karena sebenarnya suhu kulkas idealnya harus mengikuti isi didalamnya. Entah itu sayur, daging, dan lain-lain. Walau sebenarnya tidak begitu besar efeknya.

Tapi untuk Anda yang bingung berapa suhu idealnya, bisa 4 panduan berikut :


  • -18C = Freezer
  • 0C = Untuk daging
  • 5C - Untuk isi kulkas (Umum)
  • 10C = Sayuran

Nah, itu bisa dikurangi atau ditambahkan lagi sesuai kebutuhan. 



Akhir kata


Mengatur suhu kulkas sangatlah simpel. Walau begitu tetap saya sarankan agar Anda membaca buku panduannya terlebih dahulu. Jika tidak ada, baru Anda bisa menggunakan artikel ini sebagai referensi.

Kurang lebihnya mohon maaf. Karena referensi yang bisa saya dapatkan sedikit sekali. Sehingga tidak banyak juga informasi yang bisa saya tulis.

Semoga bermanfaat.

Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon