7 Tips Belajar Memainkan Piano Secara Otodidak Sampai Jago

Belajar Piano Pemula


Piano, adalah salah satu alat musik klasik yang populer dimainkan. Terutama di negara-negara maju, atau negara-negara barat. Sayangnya di Indonesia masih kurang populer yah, kalau dibandingkan dengan gitar.

Penyebab kurang populernya piano di Indonesia adalah, karena harga piano yang bisa dibilang mahal. Untuk jenis digital piano 7 oktaf paling murah saja, kita harus merogoh kocek sebesar 4.5 juta rupiah. Well, itu juga model yang pas-pasan lho.

Untuk standarnya minimal kita harus ambil yang harganya belasan juta, supaya suaranya lebih bagus. Catatan, itu masih digital piano. Untuk piano akustik, baik itu bright piano maupun grand piano, harganya bisa mencapai puluhan, ratusan bahkan.. Milyaran rupiah.

Walau begitu bukan berarti di Indonesia tidak ada peminatnya ya. Masih banyak kok, pemain Piano, emm maksudnya Keyboard (Kurang lebih sama sih). Di musik genre dangdut misalnya.

Nah, kesampingkan masalah soal piano, ada sebagian orang yang bertanya-tanya, gimana sih cara belajar bermain piano?


Cara Belajar Memainkan Piano


Untuk belajar piano, sebenarnya metode paling bagus adalah berguru langsung kepada orang yang sudah mahir. Ini ditujukan agar kita bisa memahami teori musik yang tentunya tidak sedikit.

Sayangnya, di Indonesia hanya orang-orang di kota besar saja yang bisa mendapatkan pelajar tersebut. Karena rata-rata di kota kecil, masih sedikit sekali guru Piano.

Termasuk saya. Di kota saya, sebenarnya ada sekolah musik. Tapi tempatnya jauh dari rumah saya tinggal. Ditambah, biayanya juga cukup mahal (Gak masalah sih sebenernya, cuma jaraknya aja yang bikin repot hehe).


Bisakah Belajar Secara Otodidak?


Saya sendiri suka bermain piano dari kecil. Singkatnya saya pernah menemukan sebuah video cover youtube dari lagu film yang saya suka. Dan sejak itu saya mulai belajar cover sedikit-sedikit secara otodidak.

Hasilnya gimana? Hmm, dibilang bagus nggak, dibilang jelek juga NGGAK LAH hehe. Tapi asal kamu tahu, kebanyakan orang-orang yang main Piano (Rumahan) terutama lagu lokal (Buat mengiringi) itu rata-rata adalah orang yang belajar otodidak. Sedikit demi sedikit.

Jadi intinya belajar piano otodidak itu bisa-bisa saja. TAPI HARUS DICATAT, kalau tentu saja skill yang kita dapat nggak akan setara sama orang yang berguru (Walaupun tergantung cara belajarnya sih).

Nah, kebetulan saya punya sample dari lagu yang pernah saya cover. Walau hasilnya jelek (Keyboardnya suaranya sudah resek) :




Kalau menurut kamu bagus ya sukur, kalau jelek ya udah nggak apa-apa. Soalnya itu lagu belum 100% saya pelajari, tapi langsung saya rekam. Dan lagi kalau direkam itu rasanya I Feel Butterfly In My Stomach. Artinya Gugup sangat hehe.

Nah, disini saya ingin berbagi, gimana saja tips belajar bermain piano versi saya, juga versi teman-teman saya yang lain (Kebetulan ada yang hobi main piano juga).


1. Pelajari Terlebih Dahulu Key (Tuts Piano)


Jumlah tuts piano itu ada 81 tuts (Keseluruhan). Itu untuk piano full size ya, alias Piano Grand, Bright dan Digital. 

Jumlah tuts piano


Sedangkan untuk Keyboard biasa ada 61 tuts.


Keyboard tuts


Bedanya apa? Nah, ini sama saja. Hanya saja tinggi nadanya lebih banyak di Piano Full Size, sehingga kita bisa jadi lebih leluasa bermain dan berimprovisasi ketimbang di Piano dengan 61 tuts.

Disini kamu hapalkan dulu posisi tutsnya, jangan sampai tertukar. Kalau kamu pernah main lagu piano untuk pemula (Misal ibu kita Kartini), itu pakai angka bukan? 1 2 3 4 5 3 1. Tapi kalau di Piano lebih umum dengan menggunakan huruf.

Biar gak bingung, ini list nya :



Keyboard


Dengan menghafal posisi tuts, kamu nggak akan bingung lagi mau 'mencet' atau memposisikan tangan dimana.



2. Hafalkan Kord


Sama kayak gitar, kalau kamu mau fokus mengiringi musik, belajar kord itu bisa dibilang wajib. Kamu bisa belajar dulu kord-kord dasar, kemudian dilanjutkan ke kord-kord tingkat lanjut.

Nah, belajar kord sendiri enaknya sambil coba mengiringi suatu lagu. Coba cari lagu-lagu simpel, kemudian mainkan kord sambil mengikuti alunan musiknya.

Kalau sudah bisa, baru deh coba nyanyi sendiri tanpa alunan musik, sambil berimprovisasi. Mau sumbang juga nggak apa-apa kok.


3. Belajar Dua Tangan!


Kebanyakan pemula yang baru bermain Piano (Di Indonesia), pasti memakai satu tangan / tangan kanan saja untuk memainkan melodi. Tapi kalau kamu mau benar-benar bisa bermain Piano, kamu harus memakai kedua tangan kamu serta membiasakan diri.

lagu untuk belajar piano pemula


Kalau di awal-awal waktu belajar kord, biasanya kita bisa menyatukan tangan kiri dan kanan dengan gerakan yang sama. Tapi dua tangan yang saya maksud disini, adalah dimana tangan kiri memainkan kord, dan tangan kanan memainkan melodi.

Sehingga kedua tangan punya gerakan yang berbeda.

Well, awalnya memang susah. Karena kamu pasti pusing dan tangan tiba-tiba berhenti / kaku akibat otak yang belum sinkron. Tapi coba terus, satu lagu saja. Lama kelamaan, otak akan terbiasa, tangan akan terbiasa, dan kamu akan bisa.


4. Selalu Andalkan Telinga


Yang namanya alat musik, ya fungsinya buat didengar. Didengar pake apa? Ya pake telinga lah hehe..

Ketika bermain piano, di awal-awal kamu mungkin kadang merasa ada alunan musik yang kurang pas. Yap, ini wajar, karena mungkin kamu salah memainkan tinggi nada.

Nah, disini coba pasang telinga kamu. Dengarkan bagian yang salah, kemudian coba ketuk tuts satu-satu sampai ketemu yang betul.

Lama kelamaan, tanpa mengetuk tuts pun kamu sudah tahu posisi yang benar ada dimana.


5. Belajar Baca Sheet Musik


Sheet, lembaran atau partitur musik, menurut saya adalah hal yang wajib dikuasai jika kamu ingin jago bermain piano. Kenapa?

Karena di partitur musik, kamu bisa dengan mudah memainkan lagu apa saja yang kamu mau. Disana terdapat 'informasi' akord dan melodi pada musik. Sehingga kamu nggak perlu pusing-pusing mikirin 'ini kord apa' lagi.

Apalagi banyak Youtuber sekarang yang sering membagikan sheet musik permainan piano di video mereka secara gratis. This is a chance! Right?


6. Gak Bisa Baca Sheet Musik? Baca Not Angka Atau Shyntesia


Banyak aplikasi atau video piano sekarang, yang memberi tahu 'tuts mana yang harus diketuk'. Nah, ini bisa loh, kita pakai untuk belajar main piano di awal-awal.

Kamu bisa mencari video Shyntesia versi simpel dulu. Yang cuma ada satu tuts yang diketuk setiap Pianist tersebut memainkan lagunya. Jadi kamu bisa ikut memainkannya, entah itu di Slow motion atau gimana.

Emm, ini contoh video shyntesia buatan saya. Nggak simpel sih, jadi buat gambaran saja :




Selain cara itu, kamu juga bisa mencari Not Angka yang kamu mau. Banyak website-website yang menyediakan not angka. Walau biasanya hanya melodinya saja (Ditujukan untuk pianika).


7. SABAR


Kunci terakhir adalah sabar. Bermain piano bukan seperti bermain sesuatu yang mudah. Butuh proses beberapa bulan, bahkan beberapa tahun sampai kamu benar-benar jago.

Disini kamu harus konsisten untuk belajar. Kamu bisa menyisihkan waktu 1 - 2 jam setiap hari. Atau kalau serius, kamu bisa juga belajar 5 jam atau lebih.

Pertanyaannya, kamu bisa konsisten?


Akhir kata..


Sekian sedikit informasi cara belajar memainkan piano secara otodidak. Intinya nggak ada yang mudah kalau ingin belajar sesuatu. Butuh konsistensi yang tinggi, apalagi bermain piano nggak cukup satu atau dua hari saja.

Kalau ada yang mau ditanya, kirim saja lewat kolom komentar di blog ini..

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentar yang baik dan sesuai topik