Apa Itu Pansos? Pengertian, Contoh dan Arti Pansos Lengkap

Apa Itu Pansos? Pengertian, Contoh dan Arti Pansos Lengkap


Di media sosial itu tiap tahun, bulan, bahkan tidak menentu selalu keluar istilah atau kata-kata baru yang bikin pusing. Sobat mungkin pernah lihat kata 'kerad', 'gabut' dan sejenisnya bukan? Ya, itu adalah 2 diantaranya.

Seiring sekian lama ketika 2 kata-kata tersebut meredup kepopulerannya, muncul lagi istilah baru, bernama Pansos yang banyak sekali digunakan orang-orang, yang sering sekali ditemukan di grup-grup besar, terutama yang didalamnya berisi anak-anak muda.

Grup-grup yang dimaksud adalah grup sosial media, semacam grup Facebook, Line, Whatsapp / WA, dan lainnya, yang memiliki fitur grup atau minimal fitur chat bersama.

Naah, apa sih itu Pansos? Apa arti Pansos? Bagaimana contoh dari Pansos?

Ayo kita bahas disini :


Apa itu Pansos?

 

Pansos, merupakan istilah gaul dan merupakan singkatan dari Panjat Sosial. Sesuai namanya, Pansos ini maksudnya adalah untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di Media Sosial.

Pansos ini erat kaitannya dengan bait. Buat kamu yang belum tahu bait, bait adalah kata bahasa inggris, yang artinya pancing. Bait yang dimaksud disini adalah postingan-postingan yang bertujuan untuk memancing, entah itu dalam hal positif (Untuk bersenang-senang) atau dalam hal negatif.

Istilah pansos juga nggak hanya ada di Indonesia juga lho.. Saya sendiri yang suka gabung ke grup-grup berisi orang luar, suka melihat orang-orang yang pansos. Disana, mereka biasanya menyebutnya dengan istilah Attention Seeker alias Pencari perhatian.

Walau begitu, beberapa sumber, bilang bahwa ada juga yang menyebutkan sebagai istilah social climber.


Ciri orang pansos 

 

Orang pansos itu gampang dicirikan. Tapi ga semua orang yang menarik perhatian itu dibilang pansos ya.. Salah besar, salah besar..

Ciri orang pansos menurut saya sendiri sih begini :

  • Suka bikin posting bait dalam jumlah besar, dan intensitas yang sering. Jadi ga cuma 1 atau 2 kali, melainkan bisa berhari-hari, berminggu-minggu atau seterusnya sampai orang tersebut bosen.
  • Postingan yang dibuat kebanyakan mendapat respon tidak baik.. Dan tetap dilanjut terus dan terus..
  • Ingin populer, ingin terkenal di media sosial.
  • Sering tag orang-orang dalam jumlah besar, padahal gak kenal.. Atau sering tag orang yang sudah populer duluan, atau sejenisnya. Walau begitu, gak semua orang yang suka tag itu pansos ya.. Masa tag foto bareng teman dibilang pansos? Ga juga kayaknya.
  • Aktif di grup, bahkan sangat aktif. Yang jadi masalah disini bukan aktifnya, melainkan gaya bahasanya yang aneh, atau biasa disebut alay.
  • Sering komentar diluar topik yang sedang dibicarakan.
  • Tidak bisa membaca suasana. Membuat candaan yang berlebihan, padahal sedang serius.
  • Bertingkah seperti anak-anak, meskipun disekitarnya terdapat banyak orang dewasa.
  • Melanggar aturan yang telah ditentukan oleh admin. Tidak hanya 1 atau 2 kali, tapi berkali-kali.
  • Sering membuat postingan dengan niat bercanda, namun berlebihan.
  • Mengabaikan respon jelek yang diterima, dan terus melanjutkan sebagian besar, bahkan seluruh apa yang telah saya contohkan diatas ini.

Perlu diingat ya.. Orang pansos adalah orang yang suka mencari perhatian.. Dan orang yang suka cari perhatian, nggak semuanya negatif. Beberapa orang juga pansos dalam artian positif, yakni meramaikan sebuah grup atau komunitas agar tidak sepi..
..Atau pansos membuat candaan untuk menyenangkan orang-orang disekitarnya.
Dengan catatan, tidak mengandung  sebagian besar dari ciri-ciri yang telah saya tulis diatas. 


Contoh pansos

 

Contoh pansos ini sebenarnya ciri-ciri diatas sudah mewakilkannya. Tapi, untuk sobat yang pingin tahu lebih, caranya mudah.

Cukup masuk ke grup-grup besar, yang isinya ada puluhan bahkan ratusan ribu anggota, kemudian lihat-lihat didalamnya. Cek, apakah ada 1 atau 2 orang yang suka bikin postingan bait, jumlah yang banyak dan dilakukan secara continu? Mungkin itu orang pansos.

Istilah pansos ini lebih ramai digunakan oleh anak-anak muda, dan jarang saya lihat grup-grup dengan isi orang dewasa terdapat yang suka pansos (Walau mungkin ada beberapa). Orang pansos, juga tidak akan pernah bisa aktif di grup yang dikelola dengan baik / terorganisir..

Karena grup seperti itu biasanya memiliki aturan yang selalu dijaga oleh admin dan moderator yang aktif.


Sekian..

 

Nah, sepertinya itu saja penjelasan pansos, dan arti pansos yang bisa saya pikirkan. Saya sendiri bikin artikel ini cuma karena sering sekali melihat orang-orang seperti ini. 

Pandangan pribadi saya yang nggak suka pansos : Pansos itu nggak salah, asalkan jangan berlebihan. Jaga perasaan orang lain, hormati rule grup, dan hormati orang lain, terutama yang lebih dewasa.

Tiap orang, pasti punya pola dan gaya berpikir yang berbeda-beda.. Jadi, berpansoslah pada tempatnya.

Beberapa orang, mungkin punya pendapat lain tentang pansos.. Kalau menurut sobat, sendiri pansos itu apa?

Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon