Keampuhan Dan Bacaan Doa Sapu Jagad


doa sapu jagat jagad dan keutamaannya

Doa sapu jagad beberapa waktu lalu ketika sedang mencari-cari referensi saya menemukan doa ini, tapi baru kali ini mendengarnya.

Lantas saya penasaran, lalu mencari istilah sapu jagat ini, ketika selesai mencari, dalam hati saya bergumam "ooh, ini mah doa yang sering dipakai".

Doa sapu jagad, adalah doa: rabbana aatina fiddun yaa 'hasanah, wa fil aa khiroti 'hasanah, wa qinaa 'adzaa bannaar, yang mana sering sekali diucapkan ketika selesai shalat atau di masukkan ke 'daftar' doa-doa yang sayang sekali jika tidak dipanjatkan.

Saya sendiri baru tahu istilah doa sapu jagad, karena selama ini, saya hanya tahu doa sapu jagad sebagai doa selamat dunia akhirat/doa kebaikan dunia akhirat.

Doa sapu jagat, lengkapnya seperti ini:


رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

RABBANAA AATINAA FIDDUNYAA 'HASANAH, WA FIL AA KHIROTI 'HASANAH, WAQINAA ADZAA BANNAAR.. 
  
Artinya : Ya Allah Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat.. dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Doa sapu jagat / Doa sapu jagad, sudah pasti banyak sekali yang hafal/familiar. Doa ini pendek,singkat, namun arti serta keutamaannya sangat bagus.

Salah satu band musik terkenal di indonesia juga ada yang pernah membuat lagu religi berdasarkan doa ini. Jadi tentunya akan lebih familiar lagi. Berikut untuk doa sapu jagad dan khasiatnya:

Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.

Beberapa hadist menyebutkan:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka) (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Doa sapu jagad memiliki keutamaan keutamaan yang sangat baik. Doanya sangat ringkas tapi mengandung permintaan kebaikan dunia dan kebaikan akhirat. Doa sapu jagat ini bisa di tambahkan ke kumpulan doa-doa selamat agar lebih afdhal.

Dari anas bin malik, beliau mengatakan:

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain ditambahkan di doa selamat, doa sapu jagat ini juga biasa dibaca sebagai penutup doa, sebelum shalawat penutup ketika selesai shalat.

Sekian, Semoga bermanfaat
رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Robbanaa aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.” (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka)


Sumber : https://rumaysho.com/9429-tafsir-doa-sapu-jagad.html

Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon