Doa Keluarga Bahagia Sakinah Mawaddah Warrahmah Lengkap

Keluarga merupakan salah satu kebahagiaan dan juga nikmat besar yang telah Allah anugrahkan kepada sebagian orang. Karena itu, sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Allah, telah diberi keluarga, mengingat, tidak semua orang mempunyai keluarga.

Kita bisa lihat contoh, anak yatim piatu, tidak punya orang tua, walau mungkin masih punya kerabat. Atau bahkan seseorang yang sebatang kara.

doa keluarga latin


Keluarga, dalam kamus besar bahasa indonesia cukup banyak artinya, salah satunya adalah, jika ada seorang ayah,ibu dan anak, maka bisa disebut keluarga.

Jika kita melihat ke dalam sejarah, nabi Muhammad SAW sendiri adalah seorang yatim piatu, dimana ayahnya meninggal sebelum beliau lahir, dan ibunya meninggal ketika beliau masih kecil. Beliau kemudian diasuh oleh kakek dan kemudian oleh pamannya.

Beliau, Nabi Muhammad SAW sangat mencintai keluarganya. Ini ditunjukkan beliau saat istri beliau, khadijah Rodliyallahu 'anha meninggal dunia. Beliau sangat sedih.


Semua orang, pasti menginginkan keluarga bahagia. Tidak terkecuali para pasangan pengantin baru, yang menginginkan keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah.

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." : QS Ar Rum ayat 21

Mendapatkan keluarga yang bahagia, bisa didapatkan dengan cara memberi kasih sayang diantara anggota keluarga, saling membantu di saat suka maupun duka. Selain itu, mendapatkan kebahagiaan berkeluarga juga bisa dengan melalui doa.

Doa, adalah meminta sesuatu kepada Allah. Kita bisa meminta apapun dengan Doa, asal itu untuk kebaikan dan tidak berlebihan.

Nah, terdapat pula doa-doa supaya keluarga bahagia, juga supaya keluarga sakinah mawaddah warrahmah, yang semoga Allah mengabulkan doa anda agar diberi keluarga yang dirahmati oleh Nya. Insya Allah..

Berikut doa-doanya:



Doa meminta keluarga yang baik
 
 

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

ROBBANA HAB LANA MIN AZWAAJINA WA DZURIYYATINA QURROTA A’YUNIN WAJ’ALNAA LIL MUTTAQIINA IMAAMAA

Artinya : "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

Doa yang pertama kali terlintas di pikiran saya adalah doa ini. Doa ini, biasa dipanjatkan oleh banyak orang, ketika selesai shalat. Dengan doa ini, insya Allah permintaan keluarga sakinah mawaddah warrahmah sudah terwakilkan.

Doa ini, juga saya masukkan di daftar 7 Doa setelah shalat, di artikel yang saya buat sebelumnya.


Doa nabi Ibrahim supaya keturunannya menjaga sholat
 
 
 
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ 
 
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. 

Shalat, merupakan tiang agama yang harus dijaga. Dan juga, anak merupakan investasi amal, amal jariyah yang tidak terputus di akhirat kelak.

Tentu kita ingin agar bisa mendapat pahala dari anak shaleh. Untuk itu, doa nabi ibrahim diatas bisa menjadi salah satu doa agar anak kita termasuk anak yang shaleh yang selalu mendirikan shalat.

Dan selain dua doa diatas, ada juga doa-doa lainnya. Yang memang, tidak berhubungan secara langsung dengan doa meminta kebahagiaan keluarga, namun tidak ada salahnya untuk melewatkannya.

Berikut doa-doanya:




اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu dan ayahku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.



 رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang 


رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)".


Khusus untuk pasangan suami istri, juga bisa mengamalkan doa dari surat Ali 'Imran tentang agar diberi keturunan anak yang baik, sholeh dan sholeha. Berikut doanya:



رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ


 "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa".

Demikian, semoga doa-doa keluarga bahagia dan doa keluarga sakinah mawaddah warrahmah diatas bisa menjadi ilmu pengetahuan serta bisa mendapatkan ganjaran pahala saat diamalkan.

Mungkin masih ada lagi doa-doa yang belum saya paparkan disini atau ada yang terlewat. Jika dikenan, anda bisa membagikannya disini.

Terima kasih. 

2 Komentar

Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon