Tatacara Doa Sujud Sahwi Lengkap (Arab-Latin-Artinya)

sujud sahwi doa sujud sahwi tata cara sujud sahwi cara sujud sahwi

Mungkin sebagian dari kita ada yang pernah shalat, lalu tiba-tiba lupa sedang berada di rakaat berapa.

Atau kita sedang shalat, kemudian tanpa sengaja kita meninggalkan tahiyat awal.


Jika belum faham, mungkin sebagian ada yang berpikiran 'ah biarlah' atau justru mungkin mengulang kembali shalatnya.

Tapi sebenarnya, ada cara untuk menutup kesalahan tersebut seperti yang diajarkan nabi Muhammad SAW, yaitu dengan cara sujud sahwi.

Sebelumnya, kita pahami dulu apa itu sujud sahwi,penyebab dan tatacara penggunaannya. Dibawah ini, akan saya jelaskan dalam 7 Poin.



فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ
Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam.” (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)


Sumber: https://muslim.or.id/10305-sujud-sahwi-3-tata-cara-sujud-sahwi.html

1. Apa itu sujud sahwi?


Seperti yang dibahas sebelumnya, sujud sahwi adalah sujud penutup/pengganti kesalahan yang dilakukan ketika sedang dalam keadaan shalat.

Sujud sahwi, dilakukan ketika anda sedang dalam keadaan lupa atau ragu.

Yang dimaksud ragu adalah ragu apa anda sholatnya sudah sempurna atau tidak. Dan yang dimaksud kesalahan adalah, ketika anda meninggalkan sunnah ab'ad.


2. Apa itu sunnah ab'ad?


Sunnah dalam shalat, ada sunnah haiat dan sunnah ab'ad. Sunnah haiat adalah sunnah yang jika ditinggalkan tidak perlu sujud sahwi.

Sedang sunnah ab'ad, adalah sunnah yang jika ditinggalkan harus sujud sahwi.


3. Contoh Sujud sahwi 


Contoh-contohnya seperti berikut:

A. Lupa atau ragu berapa rakaat

Lupa rakaat mungkin kadang-kadang terjadi. Saat sedang dalam keadaan lupa rakaat, anda bisa menambah rakaat atau dengan cara mengambil rakaat paling sedikit yang ada di pikiran anda. Contohnya, saya sedang shalat isya.

Ketika saya berada di rakaat akhir (Keempat), saya lupa ini ada di rakaat ketiga atau keempat. Maka saya ambil saja rakaat ketiga.

B. Meninggalkan tasyahud (tahiyat awal)

Tasyahud awal, merupakan sunnah ab'ad, yang jika ditinggalkan harus sujud sahwi.

C. Lupa membaca shalawat nabi tasyahud awal

Shalawat nabi pada tasyahud awal juga merupakan sunnah ab'ad. Jika ditinggalkan harus sujud sahwi.

D. Lupa Qunut

Jika anda sedang shalat subuh lalu lupa membaca Qunut, maka anda harus sujud sahwi terlebih dahulu sebelum salam. Karena Qunut merupakan sunnah Ab'ad.



4. Doa sujud sahwi


Doa sujud sahwi sangat pendek dan mudah dihafal. Berikut doanya:


سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Sub'haana mal laa yanaamu wa laa yashuu

Artinya: Maha suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa.



5. Penggunaan sujud sahwi

Sujud sahwi, dilakukan ketika anda tidak sengaja telah mengalami hal-hal yang saya sebutkan diatas.

Caranya:

A. Sebelum salam 

Jika anda sedang salam, lalu mengalami ragu/menambah/meninggalkan sunnah ab'ad, anda bisa melaksanakan sujud sahwi ketika sedang berada di tasyahud akhir.

Caranya, ketika sudah membaca doa tahiyat akhir:

Anda sujud lalu membaca doa sujud sahwi -> Kemudian duduk lalu membaca doa duduk diantara dua sujud -> Kemudian sujud lagi dan membaca doa sujud sahwi -> Lalu bangun (duduk) dan salam.

B. Sesudah salam

Jika anda shalat, lalu mengalami keraguan apakah sudah sempurna shalatnya. Atau malah lupa melaksanakan sujud sahwi, caranya:

Begitu selesai salam lalu teringat lupa, anda langsung sujud sahwi saat itu juga (caranya sama seperti yang dijelaskan diatas) kemudian salam.

6. Dibaca dahulu (penting)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sujud sahwi adalah sesuatu yang harus dilakukan ketika anda meninggalkan sunnah ab'ad, menambah-nambah sesuatu dalam shalat atau ragu-ragu.

Tapi perlu diketahui, jika yang anda lupa atau ragu adalah rukun dalam shalat maka rukun tersebut harus dikerjakan terlebih dahulu.

7. Apa contoh rukun? 

Yang namanya rukun pasti adalah hal yang wajib dikerjakan saat shalat. Rukun dalam shalat contohnya seperti, Al-fatihah dan rakaat.

Misalnya, jika setelah salam anda ingat kurang 1 rakaat ketika shalat, maka anda harus mengulang terlebih dahulu 1 rakaat tersebut, kemudian sujud sahwi.


Dan sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Saya sarankan agar anda mempelajari terlebih dahulu sunnah-sunnah serta rukun-rukun shalat agar tidak bingung atau ragu dalam pratek sujud sahwi.

Sehabis shalat, bagus sekali untuk memanjatkan doa-doa kepada Allah. Yang insya Allah cepat terkabul. Baca: Doa-doa sesudah shalat atau Doa-doa selamat

Jika berkenan, anda bisa men-share artikel ini kepada teman,keluarga,atau kerabat yang Insya Allah bisa menjadi pahala jariyah.

Terima kasih sudah membaca Wassalamu'alaikum Warahmatullah
فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ
Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam.” (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)


Sumber: https://muslim.or.id/10305-sujud-sahwi-3-tata-cara-sujud-sahwi.html

Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon