9 Mukjizat dan Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah Menurut Hadist

shalat subuh di masjid dan shalat subuh sendiri

Shalat subuh merupakan shalat yang dilakukan di waktu fajar. Shalat subuh ini adalah shalat fardhu yang memiliki banyak sekali keutamaan dan manfaat.

Jika kita melihat realita saat ini, sebagian masyarakat kebanyakan bangun pagi ketika waktu shalat subuh sudah hampir habis, atau bahkan sudah habis. Kebiasaan ini sangat disayangkan mengingat waktu subuh yang sebenarnya cukup terbatas.

Shalat subuh, bisa dilakukan sendirian maupun berjamaah, tapi tentunya dengan keutamaan-keutamaan yang berbeda-beda.

Di indonesia sendiri shalat subuh berjamaah sudah mulai digencarkan. Beberapa tokoh politik mengajak masyarakat untuk shalat subuh bersama.


Memang terdengar cukup berat untuk shalat subuh berjamaah. Apalagi di jam shalat subuh, pola hidup yang tidur biasa bangun sedikit siang akan membuat badan lemas dan mengantuk.

Padahal, banyak manfaat serta keutamaan shalat subuh, entah itu berjamaah ataupun sendirian. Mulai dari pahalanya sampai jaminan agar dibebaskan dari api neraka.

Berikut adalah, keutamaan-keutamaan shalat subuh sendiri dan berjamaah:


1. Shalat subuh membuat perbedaan antara orang mu'min dan munafik

Munafik, adalah sifat yang sangat ditakutkan orang mu'min. Karena ancaman kepada orang munafik tidak tangggung-tanggung.

Yaitu neraka jahannam. Di suatu hadist, disebutkan bahwa shalat subuh bisa menjadi perbedaan antara orang mu'min dan munafik. hadits tentang keutamaan shalat subuh berjamaah:

Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat ‘Isya’. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 657).


2. Shalat subuh berjamaah memiliki banyak sekali keutamaan

Shalat subuh berjamaah, juga memiliki beragam keutamaan sama dengan shalat fardhu lainnya. Apa saja? Yuk disimak:

  • A. Shalat berjamaah mempunyai 27 derajat lebih baik.
 Rasulullah SAW bersabda: “Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650) 

  • B. Pahala langkah kaki
"Seorang yang berjalan ke masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT." (HR Ibnu Majah:277,Muslim:1068 dan 1065). 

Kebayangkan jika berjalan di masjid yang jaraknya jauh?

  • C. Pahala menunggu waktu untuk shalat
Menunggu waktu shalat juga bisa mendapat pahala. Bukan itu saja, di saat menunggu waktu shalat kita bisa mengisi waktu untuk membaca qur'an atau berdzikir. Tentu hal ini menjadi keutamaan tersendiri.

  • D. Shalat berjamaah didoakan malaikat
Malaikat adalah makhluk Allah yang tidak pernah durhaka. Dengan shalat berjamaah kita bisa didoakan malaikat. Ini termasuk keutamaan yang istimewa.




3. Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dibanding dunia dan seisinya.

Mau mobil mewah? Rumah mewah? Atau sesuatu yang paling mewah dan banyak orang mau di dunia? Ternyata ada yang lebih baik dari semua hal itu.


Di salah satu hadist menyebutkan:


Rasulullah SAW bersabda: “Dua raka’at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725).

Nabi Muhammad SAW juga sangat rajin menjaga 2 rakaat sebelum subuh, di salah satu hadist menyebutkan:


“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah menjaga shalat sunnah yang lebih daripada menjaga shalat sunnah dua raka’at sebelum Shubuh”  (HR. Muslim no. 724).

Bisa kita lihat sendiri keutamaannya. Sampai-sampai Rasulullah selalu menjaga shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh.


4. Shalat subuh berjamaah menyehatkan

Shalat subuh berjamaah memiliki banyak sekali keutamaan. Bukan hanya dari segi agama, tapi juga dari segi kesehatan.

Jika kita melihat dari segi agama, shalat berjamaah ke masjid memiliki pahala 27X derajat lebih tinggi. Ditambah 1 langkah kaki dimana kita akan dihapus 1 dosa dan langkah lainnya akan menambah 1 derajat kebaikan.

Dari segi kesehatan, berjalan ke masjid untuk shalat berjamaah, juga memiliki beragam manfaat. Jalan kaki di waktu pagi bisa mengurangi stress, menambah sistem kekebalan tubuh, mengurangi berat badan dan baik untuk kesehatan jantung.

Apalagi jika masjid yang dituju jauh dari tempat tinggal. Maka kita bisa mendapat pahala lebih-lebih banyak. *Catatan, utamakan masjid terdekat untuk shalat ya.


5. Shalat subuh berjamaah memiliki keutamaan seperti shalat semalam penuh

Ingin menabung pahala tidak harus beribadah dengan kuantitas. Nabi Muhammad SAW dalam satu hadistnya bilang, bahwa isya berjamaah itu pahalanya setara dengan separuh malam. Dan shalat subuh berjamaah itu pahalanya setara shalat semalam suntuk. Berikut hadistnya:

"Barang siapa yang melaksanakan shalat Isya' secara berjamaah di masjid maka ia seperti shalat malam separuh malam. Dan barang siapa melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah maka ia seperti shalat malam satu malam penuh." (HR Muslim) 


6. Mendapat cahaya yang sempurna di hari kiamat

Hari kiamat atau hari akhir, dan juga hari perhitungan menjadi hari dimana seluruh makhluk jin dan manusia dikumpulkan untuk ditimbang amalnya.


Di salah satu hadist menyebutkan bahwa:

“Sampaikan berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Dawut dan Tirmidzi)

Jika kita mengingat jaman rasul dimana saat itu penerangan masih seadanya. Tapi justru itu menjadi keutamaan lebih yang bisa didapatkan. Insya Allah semoga di zaman kita juga bisa dapat.




7. Shalat subuh bisa melindungi diri dari api neraka

Selain 6 keutamaan diatas, shalat subuh juga bisa melindungi diri dari api neraka. Di salah satu hadist nabi disebutkan bahwa:

"Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya." (HR.Muslim)

Beberapa tokoh agama bilang, bahwa shalat yang dimaksud adalah shalat subuh dan ashar. Yang insya Allah kita bisa mendapatkan keutamaan tersebut dengan menjalaninya.

8. Silaturahim

Sholat berjamaah, juga bisa mendapat kebaikan dari sesama manusia. Yaitu kita bisa bersilaturahim lewat shalat berjamaah.

Jika kita bekerja di waktu pagi sampai sore hari, lalu hanya shalat sendiri di rumah, maka kita bisa kehilangan kesempatan emas ini.

9. Mengajarkan orang lain yang belum faham tentang shalat

Terakhir kita bisa mengajarkan orang lain tentang shalat lewat shalat berjamaah. "Bukannya semua orang memang udah tau cara shalat?", Maksudnya, kita bisa mengajari hukum-hukum shalat yang mungkin orang awam masih belum tahu.

Seperti sujud sahwi, sujud tilawah sampai hal-hal yang harus dilakukan ketika ada yang kelupaan ketika shalat.

Selain itu, kita juga bisa menjadi teladan bagi yang lain supaya ikut shalat berjamaah.


Sekian  9 Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah dan sendiri lengkap menurut hadist.

Masih ada beberapa keutamaan-keutamaan lagi yang belum saya tulis, mengingat sumber referensinya yang kurang lengkap. Contohnya adalah dimana pagi hari adalah waktu dimana Allah membagikan rezeki kepada makhluk-makhluknya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Sekedar saran, untuk awal coba untuk beribadah sebisanya. Seperti bangun subuh pada waktunya, dan lakukan dengan kontinu. Akan lebih bagus lagi jika langsung dibiasakan untuk shalat subuh berjamaah supaya mendapatkan keutamaan lebih seperti yang dijelaskan diatas.

Jika ada kesalahan pada penulisan hadist maupun kata-kata, saya akan sangat berterima kasih apabila anda mau merevisinya lewat kotak komentar dibawah. Insya Allah akan secepatnya saya balas.

Semoga bermanfaat, Wassalamu'alaikum Warahmatullah

Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon