Doa-doa nabi sulaiman lengkap dari Al-Qur'an

Nabi sulaiman merupakan anak dari nabi daud AS yang mempunyai kebijaksanaan dalam memutuskan sesuatu. Nabi sulaiman juga salah satu nabi yang terkenal di kalangan umat muslim.

doa-doa nabi sulaiman


Nabi sulaiman, mempunyai banyak mukjizat-mukjizat yang rasanya 'hampir tidak mungkin ada' di dunia ini. Beliau diberi oleh Allah kelebihan serta kenikmatan yang sangat banyak.

Yang paling terkenal, nabi sulaiman AS, mempunyai mukjizat berkuasa atas kerajaan, yang bahkan beliau bisa memerintah binatang, juga bahkan jin.

Nabi sulaiman AS juga memiliki istana yang megah yang juga dibangun oleh bangsa jin.

Dengan karunia-karunia tersebut, nabi sulaiman tidak sombong dan tetap rendah hati. Beliau selalu bersyukur atas karunia-karunia yang telah Allah berikan dan menjalani tugasnya sebagai nabi.

Nabi sulaiman, adalah anak dari nabi Daud AS yang lebih dulu menjadi nabi. Nabi daud juga merupakan seorang raja.

Kisah-kisah nabi sulaiman, sudah diceritakan dalam al-quran. Salah satunya di surat An-Naml Ayat 19 yang berbunyi:


فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

"maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".  

Pada surat diatas menggambarkan betapa rendah hatinya nabi sulaiman atas nikmat-nikmat yang telah Allah berikan. Yang mana doa tersebut juga bisa dibaca untuk kita agar mensyukuri nikmat-nikmat yang telah Allah berikan.


Lanjut, Salah satu diantara doa-doa nabi sulaiman, yang terkenal adalah doa meminta sebuah kerajaan kepada Allah. Berikut doanya:


قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَّا يَنبَغِي لِأَحَدٍ مِّنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ


QOOLA RABBIGHFIRLII WAHABLII MULKALLAA YANMMBAGHII LI A 'HAMDIM MIMM BA'DII INNAKA ANNTA LWAHHAAB

Artinya: Ia (nabi sulaiman) berkata: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi


Selain dua doa diatas, ada satu doa lagi yang tidak saya masukkan disini dengan alasan tertentu.

Kekayaan bukanlah segalanya, nabi sulaiman yang diberi mukjizat kerajaan megah pun tidak sombong dan tetap rendah hati. Beliau sadar bahwa apa yang beliau dapat sifatnya hanyalah sementara.

Lantas di jaman sekarang apakah kita patut sombong? Dengan rumah,mobil mewah yang bahkan tidak ada apa-apanya dibanding kekuasaan yang Allah berikan kepada nabi sulaiman.

Di akhir hayatnya, Nabi Sulaiman wafat dalam keadaan berdiri dengan ditopang oleh tongkatnya sehingga para jin yang sedang bekerja saat itu tidak mengetahui bahwa Nabi Sulaiman telah wafat.

Allah memerintahkan kepada rayap agar memakan tongkat Nabi Sulaiman. Setelah beberapa waktu, tongkat Sulaiman habis dimakan rayap, kemudian Nabi Sulaiman tersungkur jatuh ke tanah. Para jin yang bekerja menghentikan pekerjaannya dan menghampiri Nabi Sulaiman.

Ini juga membuktikan bahwa hanya Allah yang mengetahui hal yang ghaib. Yang bahkan para jin saat itu tidak mengetahui nabi sulaiman telah wafat.

Begitulah, sekilas kisah-kisah nabi sulaiman. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah-kisah nabi sulaiman AS yang juga menarik untuk dipelajari.


Sekian, semoga artikel tentang doa nabi sulaiman ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan sobat-sobat sekalian.

Wassalamu'alaikum Warahmatullah


Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon