Doa Menenangkan Hati Yang Sedih + Tips sabar

Doa Menenangkan Hati Yang Sedih - Seluruh manusia pasti pernah mengalami cobaan. ringan atau berat. Dimana saat ada sehat, maka ada sakit. Saat ada senang, maka ada duka. Saat ada santai, maka ada lelah. Saat hati tenang, maka ada saat hati gelisah.

doa hati aman


Cobaan-cobaan tersebut akan datang silih berganti. Cobaan datang bisa karena ampunan dari Allah atas dosa yang kita perbuat. Atau untuk mencegah barangkali ada dosa yang akan kita perbuat. Maka sebenarnya kita tidak perlu bersedih hati.

Tapi namanya manusia, sedih adalah hal yang wajar. Rasulullah pun dalam hidupnya mengalami banyak kesedihan dalam perjuangannya meyebarkan agama Islam.

Saat sedang sedih,gelisah atau takut inilah, kita bisa berdoa agar diberi ketenangan hati oleh Allah SWT, supaya dihilangkan rasa sedihnya dan dikuatkan hatinya. Berikut doa diberi kesabaran dan kekuatan:



الّلهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاْلعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ



ALLAHUMMA INNII AU'DZUUBIKA MINAL HAMMI WAL 'HAZANI, WAL A'JZI, WAL KASALI, WALBUKHLI WALJUBNI, WADHOLA’IDDAINI, WAGHOLABATIR RIJAAL."
Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (sesuatu hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”


Atau dengan doa berikut:


اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

ALLAAHUMMA INNII AS-ALUKA NAFSANM BIKA MUTHMA_INNAH, TU'(hamzah) MINU BILIQOO_IKA, WATARDHOO BI QODHOOIKA WATAQNA'U BI'ATHOO_IK.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu. 


Sesudah menghafal dan sering membaca doa-doa diatas. Insya Allah semoga hati anda bisa menjadi lebih tenang. Selain itu, ada beberapa kiat agar hati tetap berada dalam ketenangan. Berikut kiat-kiatnya:


1. Sabar dan berpikir positif

Sabar dan berpikir positif adalah jalan terbaik agar hati tetap tenang. Sabar akan menerima cobaan, contoh seperti minggu lalu masih punya kendaraan, sekarang tidak. Kemarin masih punya pekerjaan sekarang tidak. 


Bersabar lalu berpikirlah secara positif, pelajar yang bisa diambil. Dan anggaplah ini merupakan salah satu cara Allah untuk mengampuni dosa-dosa kita.

Tetap tunduk dan berserah diri kepada Allah dan mengharapkan balasan pahala dari Allah.

Di salah satu hadist nabi, berbunyi seperti berikut:

Tak seorang muslim pun yang ditimpa gangguan semisal tusukan duri atau yang lebih berat daripadanya, melainkan dengan ujian itu Allah menghapuskan perbuatan buruknya serta menggugurkan dosa-dosanya sebagaimana pohon kayu yang menggugurkan daun-daunnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Di surat At-Taghaabun Ayat 11, juga disebutkan:


Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Dengan begini, semoga kita bisa selalu sabar dan berpikir positif dan jangan lupa untuk senantiasa memanjatkan doa mohon kesabaran dan kelapangan hati.


2. Percaya musibah yang dialami masih dalam batas kemampuan kita

Allah tidak akan pernah memberi cobaan kepada hambanya melewati batas kemampuannya. 

Allah pencipta manusia mengetahui dan lebih tahu apa yang kita rasakan dan apa yang kita sedihkan. Dikutip di ayat al-baqarah ayat 286

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. 

Allah itu Ar-Rahiim maha penyayang, kita harus selalu mengingat itu supaya bisa terus berpikir positif. 


3. Berbaik sangka kepada Allah

Berbaik sangka kepada Allah adalah salah satu jalan untuk tetap berpikir positif.

Jika kita mendapat musibah kendaraan hilang, maka berbaik sangkalah jika kita akan mendapat kendaraan yang jauh lebih baik, atau mungkin saja kita akan mengalami kecelakaan suatu saat ketika sedang mengendarai kendaraan tersebut.

Allah yang lebih tahu, jadi kita tetap harus selalu berbaik sangka.


4. Berdzikir kepada Allah

Dengan berzikir, insya Allah kita juga bisa mendapat ketenangan hati. Di surat Ar-Ra'd ayat 28 disebutkan:


الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Selain dzikir, kita juga bisa dengan cara menambah kualitas ibadah serta menjauhi larangan-larangannya. Sambil berharap agar hati tetap tenang.


Sekian  Doa Ketenangan Hati Agar tidak sedih lengkap, semoga kita bisa selalu diberi ketenangan serta kesabaran atas cobaan serta musibah yang sedang dialami. 

Jangan lupa untuk bersyukur jika diberi penyelesaian atas musibah oleh Allah, dan tetap bersyukur saat diberi nikmatnya.

Jika ada kesalahan penulisan ayat, hadist, latin atau arti saya akan sangat berterima kasih jika anda mau merevisinya lewat kotak komentar. 

Terima kasih sudah membaca Wassalamu'alaikum Warahmatullah

Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon