Khasiat dan Bacaan Ayat Kursi Lengkap - Arab Latin Terjemahan

Bacaan doa ayat kursi lengkap

Ayat kursi, bukan lagi ayat yang asing di kalangan umat muslim. Ayat kursi ini hampir diketahui dan sudah dihapal seluruh kalangan usia di umat muslim. Baik yang kanak-kanak sampai orang tua. Mengingat betapa agungnya ayat kursi ini.


Ayat kursi, juga biasa digunakan untuk doa-doa mengusir jin. (Bisa kita lihat di TV-TV atau anak-anak yang takut setan/penampakan). Bukan itu saja, ayat kursi juga biasa digunakan para praktisi rukyah syar'iah.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena terdapat kisah dimana jin yang memberi tahu seorang sahabat nabi tentang keutamaan ayat kursi / khasiat ayat kursi ini. (Akan saya ceritakan dibawah).


Ayat kursi adalah salah satu ayat qur'an yang terletak dalam surat Al Baqarah ayat 255. Ayat kursi ini merupakan ayat paling agung di dalam Al Quran. Sebagaimana dikisahkan di suatu hadist:

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam mengajukan pertanyaan kepada Ubay bin Ka’ab:

“Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” 

"Ubay menjawab, “Ayat kursi.”   

Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata,  

“Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Betapa bagusnya keutamaannya bukan? Nah, berikut bacaan doa ayat kursi, yang bisa dibaca untuk anak-anak, atau anda yang lupa, atau mungkin ingin memperbaiki tajwid serta makhraj huruf untuk dibaca:


Ayat Kursi Arab (tulisan arab ayat kursi),Latin Dan Terjemahan (ayat kursi bahasa indonesia):


اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ


ALLAAHULAA ILAAHA ILLAA HUWAL 'HAYYUL QOYYUUM. LAA TA' KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDH. MANNDZAL LADZII YASFA'U 'INDAHUU ILLAA BI IDZNIH. YA'LAMUMAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHAL FAHUM. WA LAA YUHITHUU NA BI SYAI IN MIN 'ILMIHII ILLAA BI MAASYAAA. WASI'A KURSIY YUHUS SAMAAWAATI WAL ARDH. WA LAA YA UU_DUHUU 'HIF ZHUHUMAA WAHU WAL 'ALIYYUL AZHIIM

Allah  tiada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur Kepunyaan Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. .

 The meanings of ayat kursi in english

Allah - there is no deity except Him, the Ever-Living, the Sustainer of [all] existence. Neither drowsiness overtakes Him nor sleep. To Him belongs whatever is in the heavens and whatever is on the earth. Who is it that can intercede with Him except by His permission? He knows what is [presently] before them and what will be after them, and they encompass not a thing of His knowledge except for what He wills. His Kursi extends over the heavens and the earth, and their preservation tires Him not. And He is the Most High, the Most Great.

Anda juga bisa membacanya dengan lebih jelas melalui quran.com lewat link berikut: Ayat Kursi - Quran.com

Salah satu Qari terkenal asal indonesia, Muzammil Hasballah, juga pernah mengupload video ketika beliau sedang membaca ayat kursi yang sangat merdu. Coba tonton deh! :

ayat kursi youtube :

Hak cipta kepada pengupload / muzammil hasballah
 
Ayat kursi mempunyai beragam keutamaan, salah satunya ayat ini pernah diberitahu langsung kepada sahabat oleh seorang jin tentang salah satu keutamaannya. Kisahnya seperti berikut:


Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam suatu ketika memberikan tugas kepada salah satu sahabatnya, yaitu abu hurairah untuk menjaga sebuah gudang zakat.

Lalu datanglah seseorang dan mengambil (mencuri) makanan. Lalu orang yang mengambil makanan tersebut ditangkap, lalu abu hurairah berkata: “Akan aku laporkan engkau kepada Rasulullah SAW”.

Orang tadi berkata, “Tolong Lepaskan aku, aku ini orang yang sangat membutuhkan. Aku punya keluarga yang membutuhkan ini.” Lalu Abu Hurairah melepaskannya.

Ketika pagi hari Rasulullah SAW bertanya, “Wahai Abu Hurairah apa yang dilakukan tawananmu semalam?” Abu Hurairah kemudian menjawab,

“Ya Rasulullah, dia mengadu kepada saya kalau dia sangat membutuhkan. Dia juga punya keluarga, sehingga saya kasihan dan saya akhirnya lepaskan dia.”

Rasulullah lalu bilang “Dia telah berbohong kepadamu, dan nanti dia akan kembali.
Karena sudah diberitahu oleh Rasulullah SAW, Abu Hurairah pun kemudian berjaga sambil mengintai kembali. Kemudian orang tersebut benar-benar datang dan mengambil lagi makanan yang ada.

Abu Hurairah pun menangkap orang tersebut lalu berkata:

“Saya akan melaporkan engkau kepada Rasulullah SAW.”

Lagi-lagi orang tadi berkata, “Tolong lepaskan aku karena aku memang membutuhkan dan punya tanggungan keluarga. Saya janji tidak akan kembali,”

 Abu Hurairah kembali kasihan lalu melepaskannya.

Ketika pagi hari Rasulullah datang kembali kepada Abu Hurairah lalu bertanya,

“Wahai Abu Hurairah, apa yang dilakukan tawananmu semalam.”

Abu Hurairah menjawab:

“Dia mengeluh punya kebutuhan dan punya tanggungan keluarga, sehingga saya kasihan dan melepaskan dia.” Jawab Abu Hurairah.

“Sesungguhnya dia telah membohongimu dan dia akan kembali.” Kata Rasulullah.

Kemudian, untuk yang ketiga kalinya Abu Hurairah mengintai. Kemudian orang tadi datang lagi dan mengambil makanan. Kemudian Abu Hurairah Memegangnya dan berkata:

“Akan saya laporkan engkau kepada Rasulullah, ini sudah yang ketiga kali, dan kamu bilang tidak akan datang, tapi kamu masih datang.

Lalu orang tadi menjawab,

“Lepaskan aku, dan akan aku ajarkan kepada engkau kalimat yang akan memberikan manfaat untukmu.”

Abu Hurairah menjawab, “Apa itu?” Kemudian Dia menjawab,

“Jika Engkau ingin berbaring di tempat tidur, bacalah ayat kursi ‘Allahu laailaha illa huwal hayyul Qoyyum’ sampai selesai ayat. Maka Allah akan senantiasa menjaga engkau dan setan tidak akan mendekati engkau hingga pagi hari.”

 Lalu Abu Hurairah melepaskan orang tersebut.

Ketika pagi harinya, Rasulullah bertanya kepada Abu Hurairah, “Apa yang dilakukan tawananmu semalam?”

Abu Hurairah menjawab, “Ya Rasulullah, dia bilang bahwa dia akan mengajarkan kepada saya kalimat yang dengan itu Allah akan memberikan manfaat kepadaku, sehingga aku lepaskan dia.”

Beliau bertanya, “Ayat apakah itu?”

Abu Hurairah menjawab, “Dia bilang kepada saya, ketika anda ingin tidur di ranjang anda, maka bacalah ayat kursi dari awal sampai akhir ayat. Allahu laailaha illa huwal hayyul Qoyyum’ dan dia mengatakan kepada saya, bahwa Allah akan senantiasa menjaga anda dan setan tidak akan mendekati anda hingga pagi hari.”

Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Sesungguhnya dia telah berkata benar kepadamu namun dia sebenarnya adalah pendusta. Apakah kamu tahu dengan siapa kamu berbicara selama tiga malam wahai Abu Hurairah?”

Abu Hurairah Menjawab, “Tidak.” Beliau kemudian mengatakan, “Itu adalah setan. ”


Dari kisah tersebut kita bisa mengetahui keutamaan ayat kursi yang diberitahu langsung oleh jin kepada salah satu sahabat Rasulullah. Dimana dengan membaca ayat ini, kita akan senantiasa dilindungi oleh Allah sampai di waktu pagi.

Bukan itu saja, di salah satu hadist juga disebutkan bahwa:

“Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”

Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)

Sekian, semoga bacaan ayat kursi ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita semua sebagai umat nabi Muhammad SAW.

Kurang lebihnya mohon maaf, jika ada penulisan huruf arab, hadist, arti maupun terjemahan, anda bisa memberitahu saya lewat kotak komentar dibawah. Insya Allah akan secepatnya saya balas.

Bacaan ayat kursi, juga biasa dibaca saat wirid setelah shalat. Di daerah saya setelah shalat subuh dan maghrib biasanya dibaca.

Terima kasih sudah membaca, Wassalamu'alaikum Warahmatullah
Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Sumber: https://muslim.or.id/24531-4-keutamaan-ayat-kursi.html

Berkomentar yang baik dan sesuai topik
EmoticonEmoticon